ARCHERIAN
Hermawan

Tuesday, April 24, 2007

Liburan Printemp: Les Chateaux de la Loire (7-8 April'07)

Kota tours adalah persinggahan kita yg pertama, setelah menempuh jarak sekitar 520 km dari Pau. Kita bermalam 2 malam; di Tours dan di Orleons. Kota Tours terkenal dengan kotanya chateau (kastil). Chateau-cahteau di sini sering di sebut Les chateaux de la Loire (The castles of the Loire Valley), yang di bangun pada zaman Renassance (akhir abad XV sampai abad XVI), dimana raja2 perancis sering tinggal di daerah ini. Selain itu banyak juga chateaux yg dulunya berfungsi sebaga benteng pertahanan yang dibangun mulai abad XI (abad pertengahan=medieval age). Beberapa chateaux berikut foto2nya yang sempat kita kunjungi....

CHATEAU DE CHINON : Chateau de Chinon terletak berada d ketinggan kota Chinon yg di belah oleh sungai Vienne. Chinon ini pernah jadi pusat kekuasaan raja Henri II (abad XII) ketika di membangun kerajaan Plantagenet (Anjou, Normandie, Aquitaine, England, ...)
;;;;di atas chateau chinon dgn sungai vienne,,,,,,,,,,,,,,,, katapel raksasa

CHATEAU DE LANGEAIS : Dibangun oleh Jean Bourré, captain of Langeais, request dari the King of France Louis XI antara 1465 dan 1470. Di sini juga dilakukan pernikahan anatara Charles VIII dan Anne of Britanny dari inggris, yg katanya merupakan...pernikahan politik antara perancis dan inggris yg waktu itu masih bermusuhan..


chateau langeais,,,,,,turn & drawbridge,,,,,,,,,,,,,,,,pont de langeais (1846)
CHATEAU D'AZAY-LE-RIDEAU : sayang ketika nyampe sini, chateau nya sudah tutup karena emang sudah malam (walaupun hari masih terang benderang), jadinya hanya foto2 saja dari luar pagar chateau, padahal katanya interieur chateau ini termasuk yang paling indah di antara chateau2 yang ada di La Loire. Chateau ini merupakan chateau tempat tinggal yang bergaya Renaissance yg dibangun tahun 1548 di atas pulau kecil sungai indre untuk Gilles berthelot.


CHATEAU DE VILANDRY : Tahun 1532, Jean the Breton one, sekretars negara rja François I, membeli Feudal Castle dengan Dovecotes (kemudian jadi Villandry). Ia menghancurkannya dan membangun ulang kastil ini dengan gaya Renaissance. yang tersisa dari bangun lama hanyalah Square Tower. François I sering datang ke kastil ini atas undangan dari Jean the Breton I. Chateau ini terkenal dengan kebunnya yang indah yg mencapai hampir 6 hektar luasnya.



CHATEAU D'AMBOISE : Terletak d kota kecil Amboise, Chateau ini dibangun ulang oleh raja Charles VIII and Louis XII, pada akhir abad XV sampai awal abad XVI. Konon katanya raja Francois I menghabiskan masa kecilnya di chateau amboise ini.

gerbang kiri chateau,,,,,,kakang bingung cari souvenir,,,,,,bersama baju besi

chateau d'amboise,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,Pagode de chanteloup (1775)

CHATEAU DE CHENONCEAU : Chateau ini terletak di atas sungai Cher, dikenal sebagai chateau of the lady karena dselamatkan oleh beberapa wanita dari penghancuran selama revolusi Perancis. Chateau ni merupakan chateau yg paling elegan yang ada di lembah Loire. Chateau ini dibangun pada awal abad XVI oleh Catherine Briconnet kemudian diselesaikan oleh Diane of Poitiers and Catherine de Médicis .

, ,

CHATEAU DE CHAUMONT : Raja Lous XI pernah menghancurkan chateau ini dan membangun kembali di akhr abad ke XV. Chateau ini lebih seperti benteng (fortress) dengan kebun yang bagus


CHATEAU DE CHAMBORD : chateau ini merupakan "the most famous castle in the Loire Valley". Dibangun sebagai tanda kebangktan kembali raja François I. Dibangun sejak 1519 dan diselesaikan ole raja Henri II, Charles IX dan Henri III. Beberapa arstek yang membangun chateau ini adalah Jacques dan Denis Sourdeau, Pierre Nephew, Jacques Coqueau dan Pierre Trinqueau.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home