ARCHERIAN
Hermawan

Tuesday, August 28, 2007

L'été 14-15 Juillet 2007: Rome, Italie

Pagi sekali kita telah meninggalkan kota Sorrento menuju Roma, ibukota Italia. Sekitar 3 jam perjalanan, akhirnya kita sampai juga di ibukota Italia ini. Wuh...yang pertama kita rasakan ketika sampai adalah udaranya yang sangat panas nyampe 43°C...! Berbekal buku Guides Voir serie Italie, kita pun mulai nyambangi tempat2 yang ada, .. gak semua tempat berhasil kita kunjungi (sebagian hanya lihat dari bus city tour saja...). Sejarah kota ini sangat panjang, hampir 2.800 tahun. Selama itu, kota ini pernah menjadi pusat, Kerajaan Romawi, Republik Romawi dan Kekaisaran Romawi, dan belakangan negara Kepausan, Kerajaan Italia, dan kini Republik Italia. Tentunya gak heran kalo UNESCO telah menetapkan kota ini sebagai World Heritage Site.
,,,,,
The Colosseum & The Forum Romanum square jadi tujuan pertama kita....wah akhirnya foto wajib ke-2 di italia (setelah di Pisa), di Colosseum..kesampean juga..he..he..
Colosseum atau Coliseum, yg originalnya bernama the Flavian Amphitheatre adalah sebuah amphitheatre yg berbentuk elips yang terletak di pusat kota Roma...yg konon katanya merupakan bangunan terbesar yang pernah ada di Kerajaan Romawi dulu dan salah satu pekerjaan arsitektur dan engneering terbaik dari jaman Romawi, yg dapat dipenuhi oleh 50000 penonton. Colosseum ini dulunya di pake untuk pertunjukan Gladiator dan pertunjukan umum lainnya. Pembangunannya dimulai antara tahun 70-72 AD dibawah raja Vespasian (Vespa..!! ada hubungan sama motor Vespa itu gak yah..???) dan selesai tahun 80 dibawah Titus (Nah...yang ni apa ada hubungan juga dengan merek jam Titus???..he..he).
Sedangkan Forum Romanum adalah pusat kota roma jaman baheula, yg merupakan pusat komersial dan pemerintahan (administrasi, hukum...). Di situs archeologi ini masih banyak berdiri sisa2 bangungan dan monumen jamannya, seperti kuil-kuil dan the Arch.
,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,The Colosseum,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,The Arch of Titus

,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,The Forum Romanum square

,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,Arc of Titus,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, kuil Antonius & Faustina

ex kolom kuil Castor & Polux,,,,,,Arc of Titus,,,,,,,,,, Arc of Septimius Severus
,,,,,
Selain ke 2 tempat di atas, masih banyak peninggalan romawi lainnya untuk dikunjungin di kota ini. Beberapa yang sempat kita kunjungi adalah bangunan Theatre of Marcellus yang berada di dekat bekas Kuil apollo yang tinggal tersisa 3 kolom saja. Kemudian Mausoleum of Hadrian, La piazza della boca della Verita....dimana Kuil Forum Boarium berada, The Palatine, The Pantheon dll.

,,,,,,,Theatre Marcellus,,,,,,,,Mausoleum of Hadrian,,,,,,,,Kuil Forum Boarium

Di tengah2 kota Roma ini ada satu negara yaitu Vatikan. Vatikan adalah negara merdeka terkecil di dunia, dari segi luas wilayah dan jumlah penduduk. Ternyata di St. Peter's Square yg terkenal dengan obelisknya, sudah banyak orang berbaris ngantri untuk masuk ke museum vatikan....padahal hari itu puanazzz nya minta ampun deh. Kita sih cuman numpang foto saja.....



Katanya kalo ke Roma gak ketempat ini..rasanya kurang afdol...yah sudah akhirnya kitapun pergi ke tempat ini yaitu Piazza d Trevi, untuk melihat air mancur yang terkenal La Fontaine de Trevi. La Fontana di Trevi adalah air mancur yang terbesar— dengan tinggi 25.9 meter dan lebar 19.8 meter — dan juga merupakan Baroque fountain paling ambitious di Roma. Air mancur ini terletak di 3 pertemuan jalan (tre vie) yang menandai terminal point dari Aqua Virgo, satu dari saluran air jaman baheula yang mensuplai air ke kota Roma pada tahun 19 BC. Mulai didisain tahun 1629 dan baru selesai tahun 1762. Kepercayaan ttg airmancur Trevi ini.... if visitors throw a coin into the fountain, they are ensured a return to Rome. Among those who are unaware that the "three coins" of Three Coins in the Fountain were thrown by three different individuals, a reported current interpretation is that two coins will ensure a marriage will occur soon, while three coins leads to a divorce. A reported current version of this legend is that it is lucky to throw three coins with one's right hand over one's left shoulder into the Trevi Fountain. Sekitar hampir 3000 Euros tiap harinya terkumpul di airmancur ini dan di ambil tiap malam harinya oleh pihak berwenang. Makanya air mancur Trevi ini selalu dijaga polisi, karena masih saja ada orang2 yang mengambil koin uang tsb dengan menggunakan tongkat magnet.....dan itu kita lihat sendiri, ada seorang pemuda dengan tongkat magnetnya mencoba ambil koin...dan Priiiitttt...si polisi meniup peluit...dan kabur deh tuh si pemuda....


Nah... kalo yang ini sih bukan kunjungan ke jaman Romawi..atau renaissance...Biar lengkap saja koleksi HardRock nya, mampir deh kita ke HardRock Cafe Roma....

0 Comments:

Post a Comment

<< Home